Buscar

Naela

Pemetaan ERD ke dalam Tabel

Pemetaan ERD ke tabel adalah memasukkan entity-entity maupun hubungannya / kardinalitasnya kedalam sebuah tabel yang saling berhubungan.

Sebelum menjelaskan contoh Pemetaan ERD, mari kita membahas sedikit tentang ERD


Entity-Relationship Diagram (ERD)
        Entity-Relationship Diagram (ERD), dari kata yang terakhir saja dibenak kita sudah muncul sebuah kata “Skema / sketsa” ataupun kata lainnya yang berarti sama. Dimana ERD  merupakan sketsa yang memvisualisasikan keterkaitan (relationship) antara entitas (entity) satu dengan entitas yang lainnya.


Tujuan dari Entity Relationship 
         adalah untuk menunjukkan objek data dan relationship yang ada pada objek tersebut. Disamping itu Model ER ini merupakan salah satu alat untuk perancangan dalam basis data.

Bentuk Dasar dalam sebuah ERD ada 3 , yaitu :
Entity
Entity adalah sebuah benda (thing) atau objek(object) di dunia nyata yang dapat dibedakan dari semua obje lainnya Entity sets adalah sekumpulan entiti yang mempunyai tipe yang sama.


Lambang: 
Relationship
Relationship adalah hubungan diantara beberapa entiti.
Lambang :


Atribut
Setiap entitas pasti mempunyai elemen yang disebut atribut yang berfungsi untuk mendeskripsikan karakteristik dari entitas tersebut. Isi dari atribut mempunyai sesuatu yang dapat mengidentifikasikan isi elemen satu dengan yang lain. Atribut untuk mewakili suatu entity.  Atribut dalam ERD dilambangkan dengan bentuk elips
Lambang: 

Pembahasan tentang ERD lebih lanjutnya dapat di buka di blog Rizzatin Nisa'

Kardinalitas Pemetaan
Kardinalitas pemetaan atau rasio kardinalitas menunjukkan jumlah entity yang dihubungkan ke satu entity lain dengan suatu relationship sets Kardinalitas pemetaan meliputi : 
1.    Relasi dengan kardinalitas 1 ke 1 (one to one)
Direpresentasikan dalam bentuk penambahan/ penyertaan atribut-atribut relasi ke tabel yang mewakili salah satu dari kedua entitas (penggabungan relasi ke salah satu entitas). Tidak ada keharusan ke entitas yang mana relasi tersebut harus digabungkan.
 Tentang Pemetaan ERD dengan Kardinalitas one to one, saya juga tampilkan tutorial dalam pemetaannya sebagai berikut...
 

 

       
           2. Relasi dengan kardinalitas 1 ke M (one to many)
  
Lain halnya dengan tingkat hubungan satu ke banyak , relasi yang ada harus digabungkan dengan entitas pada pihak yang Banyak (Many). Disini hubungan 1 ke M sama dengan hubungan M ke 1 ( Many to one).
  
 Tentang pembahasan maupun tutorial dari pemetaan ERD kardinalitas 1 to Many  bisa di buka di blog Muhammad Ichsan Budiyat

        3.      Relasi dengan kardinalitas M ke N (many to many)
Pada diagram E-R dengan  kardinalitas banyak-pada-banyak (M : N), tiap entitas maupun relasinya akan menjadi sebuah tabel tersendiri.

       Relasi dengan derajat N-N (banyak ke banyak) akan diwujudkan dalam bentuk tabel (file data)  khusus yang memiliki field (foreign key) yang berasal dari key-key dari entitas yang dihubungkannya.
Untuk lebih jelasnya pembahsan dari kardinalitas pemetaan ERD many to many dapat buka di blog Yuni Isnawati

Spesialisasi dan Generalisasi

           Spesialisasi adalah Proses mendesain subgrup di dalam suatu entity. Suatu himpunan entitas bisa memiliki suatu subgrup yang berbeda diantara entitas-entitas lain dalam himpunan tersebut. Misalnya suatu sub himpunan entitasd alam suatu himpunan entity bisa memiliki atribut yang berbeda dari entity-entiti lain. Model E-R memiliki fasilitas untuk perbedaan ini.
           Disamping proses desain top-down (dari inisial entitas ke level lebih rendah (subgrup)), desain juga dapat dilakukan dengan proses bottom-up atau Generalisasi, yaitu banyak entitas disintesiskan menjadi entity yang lebih tinggi berdasarkan kesamaan feature-nya.
           Jadi perbedaan Spesialisasi dan Generalisasi terlihat jelas, bahwa Spesialisasi menganalisa dari sebuah entitas ke subs, dan sebaliknya, generalisasi menganalisa dari sebuah subs ke entitas diatasnya. Seperti pada gambar berikut.


Seperti itulah pembahasan tentang Pemetaan ERD ke tabel.
Semoga Bermanfaat... ^_^

7 komentar:

Anonim

Artikelnya sangat membantu :D

Terima Kasih..

Unknown

Sama-sama.. ;)

Wolfy Flutter

terima kasih telah menulis postingan ini :')

Unknown

makasi sayang postingannya sanggat bermanfaat

Unknown

Leh uga

Hry

Kalo pemetaan ERD ke rancangan gimna

Shikamaru Nara

infonya sangat bermanfaat min
elemen solder uap

Posting Komentar